Header Ads Widget

Para Alumni SMAN 1 Bekasi Adakan EDUKASI KOPI




Ibu Lenny Martin (Tokoh Kopi Nasional)

Kota Bekasi - Bicara kopi tentunya tak lepas dari hitam, pekat, dan pahit. Bubuk kopi + air = cairan kopi, begitu sederhana cara membuat kopi. Banyak metode yang digunakan untuk meracik kopi yang enak, salah satunya dengan cara seduh manual. Materi ini yang diberikan di kelas #EdukasiKopi; Teknik Dasar Seduh Manual, yang diadakan oleh Komunitas 97 Smansasi di Coffee Broker tanggal 31 Maret 2019.

Kelas berlangsung dalam 2 sesi, pagi dan siang. Tujuan diadakannya kelas ini untuk membuka wawasan para peserta tentang cara seduh manual. Walaupun banyak faktor yang memengaruhi hasil seduhan, tak ada aturan baku dalam meraciknya, semua tergantung selera.


Ibu Lenny Martin Memberi Edukasi Kopi

Pengetahuan dasar kopi, pengenalan profil kopi, pengenalan peralatan seduh manual, dan teknik dasar seduh manual merupakan materi-materi yang bergulir pada kelas ini. Mulai dari kekasaran gilingan, kadar mineral air, suhu air, rasio kopi terhadap air, dan waktu seduh dikupas tuntas oleh Lenny Martin, seorang penggiat Kopi Nusantara yang juga memiliki usaha kedai kopi Koffie25 dan Urbantea.

Semua materi dijelaskan secara gamblang yang diakhiri dengan praktek oleh para peserta satu per satu sambil mencoba bermacam kopi yang diseduh dengan variabel yang berbeda dengan menggunakan alat seduh manual, Aeropress dan V60.

Haris Faisal selaku Ketua Komunitas Alumni SMAN 1 Bekasi tahun 1997 menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang bersifat edukasi entrepreneurship kepada rekan sesama alumni SMAN 1 Bekasi dan juga kepada masyarakat.



"Kali ini kita membahas tentang kopi dan akan berlanjut ke workshop yang lebih tekhnis nantinya" ungkap Haris saat ditemui media.

"Ke depannya bukan hanya kopi, mungkin kue kering, bakery dan apapun yang sekiranya bisa menambah pengetahuan kami semua," tandas Haris menutup wawancara.

Berita Lainnya

Baca Juga