Header Ads Widget

Ssstttt. Ada Kampung Budaya di Kali Piket...

Bang komar & Bang Lukman

Sukawangi - Minggu 9 Februari 2020. Prof Melani Budianta salah satu narasumber Persamuhan Kampung Bekasi menyambut baik dideklarasikannya Kampung Budaya Kali Piket. Desa Sukatenang Kec Sukawangi Kab Bekasi . Ia menyatakan akan banyak orang berkunjung tentu ingin melihat aktivitas  budaya yang nyata masyarakatnya dalam hidup sehari-hari (bukan hanya waktu pameran atau festival).

Oleh karena itu, Perlu dihimpun bersama seluruh warga, semua potensi budaya lokal. Lalu didentifikasi kekuatan budaya yang bisa dijadikan sumber penghidupan.

 Apa saja budaya material yang ada, adat, tradisi, seni. Jadikan tema dan identitas. Sebaiknya yang bertumpu pada kehidupan sehari-hari warga.

Saya ingin melihat anak-anak yang berlatih silat di sore hari sehabis mengaji. Ibu-ibu yang masak resep dari orangtuanya. Pekerjaan sehari-hari di kebun, sawah, empang . Kakek yang bercerita dongeng-dongeng lokal.. Jika hal-hal ini memang merupakan keseharian di situ...


Ada desa yang punya tradisi membuat kopi, ada yang mengolah bambu, ada yang kesehariannya diwarnai oleh budaya nelayan.

Jangan ubah keseharian.jadi melayani turis. Desa bukan objek atau tempat wisata, tapi subyek dan pelaku

Yang juga penting: orang datang ke kampung budaya untuk belajar, mendapatkan pengetahuan dari warga, yang tidak bisa didapatkan dari tempat lain. "Tujuan membuat kampung budaya untuk menumbuhkan guyub dan gotong royong, membangun kebanggaan akan budaya lokal yang menghidupi mereka," tambah Prof Melani di WA Grup Jaringan Kampung Bekasi.

Ia pun setuju bila bikin perahu menjadi item yang ada di Kampung Budaya. "Bikin perahu itu kan penting banget di.kondisi alam dikelilingi air begitu. Menghadapi lumpur dalam kehidupan sehari-hari bagaimana siasatnya." Imbuhnya.

Prof Melani juga mengapresiasi masakan ibu-ibu Kampung. "Kuliner ibu-ibu bikin saya ketagihan lho.

Ia juga mengusulkan untuk dicari potensi lokal khas. Silat misalnya. "Pemuda2 yang bapaknya guru silat itu canggih, olah geraknya, mungkin ada jurus silat kali Piket" sambungnya.

Kampung Budaya Kali Piket dideklarasikan dengan cara Potong Tumpeng dalam agenda FESTIVAL KAKI PIKET II Di Sekolah Alam Prasasti. (Kim)

Berita Lainnya

Baca Juga