Header Ads Widget

Gelar Reses Ke-2, Caknawa Himbau Masyarakat Untuk Memerangi Rentenir dan Membentuk Koperasi

Tangerang - Wakil Ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati Gelar agenda reses bersama Anggota Koperasi Rajawali di Balai RW 05 Kelurahan Kutabaru Pasar Kemis Tangerang, Jumat (6/3/2020).

Dalam acara reses ini, dihadiri Kepala Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Tabrani, Koperasi Rajawali, Lurah Kutabaru. Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati menyampaikan, perlu adanya perubahan yang dilakukan bersama masyarakat, sehingga masyarakat mampu dan mandiri. Hal ini mengutif hadits Rasulullah SAW.

“Barangsiapa melihat kemungkaran, maka rubahlah dengan tanganmu, apabila tak mampu dengan tangan, rubahlah dengan lisanmu, dan apabil kamu tak mampu, rubahlah dengan hatimu .....” ujar Wakil Ketua DPRD Banten M Nawa Said Dimyati.

Pria yang akrab Caknawa ini, menegaskan, bahwa yang namanya rentenir merupakan bentuk kemungkaran yang perlu bersama-sama dirubah. Menurutnya, cara konkrit untuk merubah dan agar tidak terlilit rentenir adalah dengan membentuk yang namanya Koperasi.

Caknawa menceritakan, 3 tahun lalu dirinya bersama masyarakat untuk memerangi rentenir dan membentuk koperasi, yang kemudian diberi nama Koperasi Rajawali.

"Rentenir atau bank plecit, adalah kemungkaran & kita harus merubahnya. 3 tahan yang lalu, kita berkomitmen untuk memerangi rentenir dgn mendirikan Paguyuban Koperasi yang kita kasih nama Koperasi Rajawali Kutabaru. Oleh karena itu, kita harus meniatkan berkoperasi ini dgn niat ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," paparnya.

"Meskipun hanya berbekal uang sebesar 6 juta rupiah, krn niat kita ikhlas krn Allah, dalam waktu 3 tahun, Koperasi Rajawai sudah mampu mengajak 464 orang untuk menjadi anggota dan uang berputar sudah diangka 350 juta," sambungnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPRD Banten Fraksi Demokrat ini juga mengajak Dinas Koperasi Banten untuk membina Koperasi Rajawali.

"Oleh karena itu, pada kesempatan reses masa persidangan ke 2 DPRD Propinsi Banten, saya mengajak Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Banten agar beliau mampu membina perkembangan koperasi Rajawali Kutabaru," ucapnya.

Dalam perkembangannya, Koperasi Rajawali ini kian waktu terus bertambah anggotanya, sehingga perlu ditingkatkan menjadi organisasi Koperasi yang berbadan hukum.

"Sudah waktunya, Paguyuban Koperasi ini kita tingkatkan menjadi Organisasi Koperasi Yang berbadan hukum. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT selalu memberikan ridha-Nya kepada kita bersama," tandasnya.

Berita Lainnya

Baca Juga