Header Ads Widget

Selain Corona, FKRW dan GERAM Meminta Masyarakat Waspada DBD



BEKASI KOTA - Selain virus corona atau covid-19, penyakit demam berdarah dengue (DBD) juga harus diantisipasi oleh masyarakat, terlebih periode sekarang memasuki musim pancaroba atau masa pergantian musim, kerap terjadi peningkatan kasus DBD.

Ketua Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) Kelurahan Harapan Jaya Bekasi Utara, Bambang Imam Santoso Selain Covid-19, dia meminta masyarakat mewaspadai ancaman penyakit DBD  dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

"Memasuki musim pancaroba kita juga harus waspada akan merebaknya penularan demam berdarah dengue (DBD) khususnya di lingkungan Kelurahan Harapan Jaya, mari kita bersama gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), salah satu nya dengan Fogging di setiap lingkungan nya, agar kita (Warga) tidak terkena DBD di tengah merebak nya wabah Virus Covid-19," Katanya, Kamis (9/4/2020).

Tambahnya, bukti keseriusan dan Inisiatif sebagai mitra pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan Wabah Covid-19 dan Demam Berdarah Dengue (DBD), dia mengajak seluruh ketua RW dan Ketua RT se-kelurahan Harapan Jaya untuk waspada dan memantau tentang perkembangan virus Covid-19 di lingkungan Harapan Jaya.

"Terkait Covid 19, apabila ada warga yang terindikasi terjangkit virus corona untuk segera melaporkan ke Puskesmas, kelurahan Harapan Jaya atau tim yang bertugas dilapangan seperti Babinsa dan Bimaspol agar segera dapat di tangani guna pertolongan pertama atau tindakan medis serta pendataan karena wabah virus Corona tersebut,"

Di tempat berbeda, menurut Yasser MK Kordinator Gerakan Warga dan Anak Muda (GERAM) Bekasi, menghilangkan jentik-jentik nyamuk (larva) dianggap lebih mudah dari pada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa. Seperti diketahui nyamuk Aedes aegypti sebagai pembawa vector pembawa penyakit demam berdarah, berkembang biak di genangan air yang bersih di sekitar lingkungan.

" Pepatah dahulu mengatakan Sedia Payung Sebelum Hujan, saya sependapat dengan ajakan dan pendapat Ketua FKRW Kelurahan Harapan Jaya, Pasalnya mendeteksi adanya penyebaran Penyakit itu harus sejak dini, himbauan dan ajakan untuk melakukan budaya bersih dan Sehat di lingkungan butuh peran serta kesadaran warga lingkungannya," Pungkasnya.(SD)

Berita Lainnya

Baca Juga