Header Ads Widget

Taman Baca Masyarakat Bisa Dapat Dana Desa Loh...

Oleh : Muhaidin Darma, S.E.


Sebuah taman bacaan masyarakat atau biasa disingkat TBM bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah melalui Anggaran Dana Desa (ADD)  Hal ini tentu saja memiliki acuan sebagai dasar hukum pemanfaatan dana desa bagi masayarakat desa. 

Terkait anggaran dana desa yang bisa dialokasikan bagi taman baca tentu saja bukan tanpa dasar. Hal ini diatur dalam Peraturan Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendesa PDTT). Nomer 11 Tahun 2019 tentang prioritas pembangunan dana desa 2020 (Lampiran poin E_2_b.) (E) Perioritas bidang Pembangunan (2) Peningkatan Kualitas dan akses terhadap Pelayanan Sosial Dasar yang berbunyi diantaranya "pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan dan kebudayaan antara lain salah satunya dan ditulis pertama adalah Taman Bacaan Masyarakat seperti pada gambar berikut :



Selain itu Legalitas TBM secara Mandiri atau Swadaya  dan Perpustakaan Desa yang didirikan dimasyarakat juga memiliki dasar hukum yang kuat yaitu tertera pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang  Perpustakaan, Pasal 49 dan 50 yang tertera seperti pada gambar dibawah ini.



Dan ada juga Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2014 tentang  Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang  Perpustakaan, Pasal 74 seperti tertera pada gambar dibawah in yang kalian bisa baca dan cermati.


Itulah beberapa hal yang menjadi acuan atau rujukan terkait Taman Bacaan Masyarakat yang saat ini mulai tumbuh di beberapa daerah di Indonesia salah satunya tentu saja Bekasi. Namun meski adanya rujukan yang begitu jelas terkait Taman Baca yang menjadi prioritas pembangunan di sebuah Desa Penggunaan Dana Desa untuk meningkatkan kualitas Taman Baca tentu saja tergantung sikap dari kebijakan kepala desa itu sendiri. 


Tinggal kita sebagai pengelola sebuah taman baca mampu bekerjasama dengan baik kepada desa yang ada di wilayah dimana tempat taman baca kita didirikan. Biasanya program-program yang menarik serta keaktifan taman baca menjadi salah satu faktor penting agar taman baca yang kita kelola menarik dan tentu saja sejalan dengan Pemerintahan desa setempat.

Nah munkin itu saja dasar hukum yang menjadi acuan agar Taman Baca bisa dapat Dana Desa. Dasar ini bisa menjadi referensi lembaga desa untuk mempertimbangkan pengalokasian dana desa yang tepat sasaran dan dapat dipertangung jawabkan agar tidak lagi ragu ketika mengalokasikan dana desa bagi taman baca.

Saat ini banyak loh taman baca yang mendapat bantuan dari lembaga desa terutama dari dana desa bebrapa teman pengelola taman baca dibekasi juga sudah mendapatkan bantuan dari dana desa. Semoga saja teman-teman juga bisa ya agar taman bacanya semakin berkualitas dan menjadi tempat pembelajaran yang nyaman dan aman.



Salam Literasi....

Salam Muhaidin Darma

Founder Rumah Pelangi Bekasi

Ketua Yayasan Inspira Muda Cendekia

Pemuda Pelopor Kabupaten Bekasi 2018

#danadesa #literasi #muhaidindarma #rumahpelangibekasi #add

Berita Lainnya

Baca Juga