Header Ads Widget

Ketua Syarikat Islam Kabupaten Bekasi, Mendukung Penuh Mama KH. Mamun Nawawi Diberikan Gelar Pahlawan Nasional

SeputarDaerah- Kab.Bekasi: Ketua Syarikat Islam Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat Budiyanto, S.Pi Mendukung Penuh Mama KH. Ma'mun Nawawi Diberikan Pahlawan Nasional. Pasalnya, Mama KH. Ma'mun Nawawi adalah sosok tauladan penggerak dan pejuang Kemerdekaan Indonesia bersama para santrinya serta masyarakat khususnya ditanah kelahirannya Kabupaten Bekasi.
"Banyak pertimbangan yang mendorong serta mendukung KH. Ma'mun Nawawi menjadi Pahlawan Nasional,"ujar politisi PKS ini kepada Swatantranews.com disela-sela kesibukannya.

Dikatakannya, Mama Cibogo yang lahir bulan januari 1912 merupakan kerurunan ke-12 dari Sunan Gunung Djati atau ke-11 dari Raja Pertama Kesultanan Banten.
"Beliau juga masih merupakan keturunan Wali Songo, yang berjuang demi kemaslahatan ummat,"tutur Budiyanto.

Lebih lanjut, Budiyanto membeberkan selain keturunan Wali,  Mama KH. Ma'mun Nawawi juga belajar ilmu agama kepada Ulama Betawi lainnya seperti Habib Usman dan Habib Ali.
"Mama KH. Ma'mun Nawawi mendirikan Pondok Pesantren Al-Baqiyatus Sholihat di Cibogo pada 1938 yang pada akhirnya menjadi tempat berlatihnya Laskar Hizbullah pada tahun 1945,"bebernya.

Selain berperang melawan penjajah, Sambung Budiyanto beliau  juga menulis sebanyak 63 kitab yang diterjemahkan kedalam bahasa sunda.
"Kami berharap, Pemerintah Pusat sudah selayaknya memberikan Gelar Pahlawan Nasional kepada KH. Ma'mun Nawawi yang sudah berjuang melawan penjajah,"tutupnya."

Reporter: Nilan
Editor: Bisot

Berita Lainnya

Baca Juga