Header Ads Widget

Bea Cukai dan BNI Sukses Gelar XporA International Logistics and Trade Expo di Makassar

 
Bea Cukai dan BNI Sukses Gelar XporA International Logistics and Trade Expo di Makassar



Seputardaerah.com - Sulawesi Selatan. Kantor Pelayanan Bea Cukai Makassar bekerja sama dengan Bank BNI Wilayah 07 sukses mengadakan event XporA International Logistics and Trade Expo di Hotel Claro Makassar, Jl A.P. Pettarani, Makassar pada 13 – 14 Desember 2022.

Expo ini untuk bertujuan untuk mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan usahanya ke kancah internasional. 

XporA International Logistics and Trade Expo menghadirkan pihak yang terlibat dalam kegiatan ekspor, mulai dari UMKM selaku eksportir, BNI sebagai lembaga pembiayaan, pihak logistik pengiriman barang, Pelindo, Imigrasi dan lain-lain, sehingga dapat mempertemukan para pelaku bisnis agar lebih terintegrasi dan efisien
.

Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono mengatakan saat ini bea cukai memiliki empat tugas dan fungsi.

“Kenapa kita berbicara tentang UMKM hari ini karena bea cukai itu juga memiliki fungsi sebagai trade facilitator dan  industrial assistance, selain fungsi revenue collector dan lain-lain,” katanya.

Trade facilitator artinya Bea Cukai berfungsi memfasilitasi perdagangan dan yang keempat adalah industrial assistance,  mengasistensi industri baik besar dan kecil dan kecil itu UMKM.

“Kami merasa terpanggil karena bea cukai menjadi garda terakhir pemeriksaan dokumen barang ekspor sehingga kami tahu permasalahan dan hambatannya, dengan acara ini kami ingin mengkolaborasikan semua instansi dan pemangku kepentingan yang berkepentingan dengan kegiatan ekspor baik dari sisi instansi pemerintah dan pihak swasta yang terlibat,” kata Andhi.

“UMKM perlu diasistensi agar saat mereka bertanya kita bisa menjawab. Saat ada masalah kita bisa pecahkan bersama kendalanya agar UMKM selalu optimis dapat bersaing di pasar internasional,” jelasnya.

Bea Cukai dan BNI Sukses Gelar XporA International Logistics and Trade Expo di Makassar



Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Nugroho Wahyu Widodo menyambut baik kerjasama Bea Cukai dengan BNI 46 hari ini bisa mempertemukan seluruh suplai chain dari mulai produsen sampai buyer.

“Dari mulai yang memproduksi barang-barangnya kemudian di pembiayaan,di perkapalannya, di pengangkutannya kemudian sampai buyernya dipertemukan di sini,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Noeg itu, dengan mencoba mempertemukan antara buyer sama supplier ini berharap mereka makin efisien sehingga barang-barang UMKM bisa bersaing di pasar internasional. Saya yakin barang-barang dari Sulawesi bagian selatan dan sekitarnya sangat luar biasa dan punya daya jual yang bersaing.

Noeg juga menambahkankan bahwa selama pandemi UMKM sudah berjuang melakukan penjualan keluar negeri dan kini semakin banyak yang sejahtera karena pasar luar negeri harganya lebih baik.

“Kita dari pemerintah yang punya kewenangannya dan bisa mempertemukan simpul-simpul tadi. Itu yang kami kerjakan jadi bukan sekedar agar bertemu tapi kita pertemukan agar mereka bisa langsung gandeng. Setelah mereka bertemu kita lepas aja kita gak campur agar mereka bisa lebih efisien,” pungkas Noeg.

Andi Ayatullah - SeputarDaerah.com



Berita Lainnya

Baca Juga