Header Ads Widget

BURUH MENUNTUT HAK DI DEPAN PT. MARUNI DAYA SAKTI

 

GUYURAN HUJAN, BURUH BERADA DEPAN PT. MARUNI DAYA SAKTI,MENUNTUT  HAK

Jakarta-Rabu, 28/12/22.Di tengah guyuran hujan, puluhan Buruh pabrik kaca PT.Maruni Daya Sakti Jakarta barat. masih tetap stay di depan perusahaan. di jalan Peternakan III, Kapuk, Jakarta Barat. pada rabu,28/12/22.

Para Pekerja tersebut, bermula dari adanya perubahan kontrak baru dengan perusahaan ali daya ,namun para buruh menolak karena sudah adanya perjanjian dengan pihak perusahan PT.Maruni Daya Sakti,maka para buruh diskorsing sebanyak 39 orang,dengan batasan hak normative yang tidak jelas, maka para buruh berinisiatif berada di depan perusahaan.

M. Arira Fitra Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia  (FBTPI) yang mendamping para buruh mengungkapkan “Kami tetap berpacu kepada Nota Penetapan Khusus yang sudah dikeluarkan oleh pihak Sudinakertrans Jakarta Barat, isi dari nota tersebut adalah segera mengangkat Buruh PT. Maruni Daya Sakti menjadi karyawan tetap dan isi Nota Khusus tersebut sudah dituangkan dalam Perjanjian Bersama yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak dan kemudian kedua surat tersebut sudah kami legalkan di Pengadilan Hubungan Industrial” ungkapnya pada awak media. Rabu,28/12/22.

Lanjutnya,Akan tetapi pihak perusahaan mengingkari apa yang sudah di sepakati didalam Perjanjian Bersama yang sampai hari ini belum ada itikad baik dari perusahaan.

GUYURAN HUJAN, BURUH BERADA DEPAN PT. MARUNI DAYA SAKTI,MENUNTUT  HAK

Reza, merupakan salah satu buruh mengungkapkan ‘’ disisi lain kita bahasa nya habis kontrak padahal kalo mengacu pada nota kita sudah beralih menjadi pekerja nya maruni, akan tetapi setelah klarifikasi kami di skorsing pihak perusahaan. Rabu,28/12/22.

Lanjutnya, Pihak perusahaan menyampaikan katanya’’ efisiensi akan tetapi dalam kenyataanya pihak perusahaan tetap merekrut pekerja baru kurang lebih 62 orang.dan bahan produksi tetap berjalan lancar.tegasnya.

Maka pekerja yang tergabung dalam Serikat Buruh Aneka Indutstri – Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia SBAI – FBTPI yang terafiliasi dengan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) mengajukan tuntutan sebagai berikut berikut:

  1. Segera jalankan Nota Penetapan Khusus Sudinakertrans Jakarta Barat dan   Perjanjian Bersama yang sudah di sepakati.
  2. Berikan kepastian Upah dan BPJS selama dalam proses perselisihan.
  3. Selesaikan kasus 4 orang anggota kami yang ter PHK.
  4. Menolak PHK ilegal yang dilakukan oleh PT. Maruni Daya Sakti.

Sampai saat ini para buruh masih bertahan  di depan perusahaan hingga tuntutan tersebut direalisasikan.


Ref. Marulloh

Berita Lainnya

Baca Juga