Header Ads Widget

Ketua Forum Komunikasi Jababeka (FKJ) Datangi PT. Sarana Grafika Indonesia

Ketua Forum Komunikasi Jababeka (FKJ) Datangi PT. Sarana Grafika Indonesia

Bekasi, SeputarDaerah.com - Adanya beberapa pengurus PUK SPL FSPMI PT. Sarana Grafika Indonesia yang di PHK sepihak oleh pihak perusahaannya. Ketua Forum Komunikasi Jababeka(FKJ) H.Sulaeman segera mendatangi PT. Sarana Grafika Indonesia yang beralamat di Jababeka, Industri Estate No.7C, Jalan Industri Selatan, Pasirsari, Cikarang Selatan, kabupaten Bekasi. 

Saat berada dilokasi tampak banyak masa aksi yang berdatangan guna untuk bersolidaritas didepan PT Sarana Grafika Indonesia. Pihak kepolisian, dan pihak pengelola kawasan  Jababeka tampak hadir dilokasi tersebut. Hingga akhirnya Mediasi dilakukan dengan pihak perusahaan yang diwakili oleh Surya, dan Joko, Senin(12/12/2022).

Ketua Forum Komunikasi Jababeka(FKJ) H.Sulaeman menuturkan pihak perusahaan harusnya  sudah memahami mekanisme efisiensi yang dilakukannya.


"Perusahaan tidak bisa mengeluarkan  karyawan begitu saja, dengan alibi efisiensi, apa lagi infonya masalah ini akan dilimpahkan kepihak pengacara perushaan. Pak Surya, dan pak Joko hanya perwakilan dari perusahaan yang tidak bisa memberikan keputusan. Harusnya dari jauh-jauh hari sudah disiapkan bagaimana keputusannya untuk karyawan ter-PHK tersebut.

Ketua Forum Komunikasi Jababeka (FKJ) Datangi PT. Sarana Grafika Indonesia

Bukan persoalan ini saja nantinya jaminan kesehatan mereka harus tetap aktif selama berselisih.

"Kita akan segara laporkan perusahaan PT. Sarana Grafika Indonesia kepada BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Kabupaten Bekasi jika ke-5 orang ini BPJS Kesehatannya diputus(Non Aktif). Manfaat per 6 bulan mesti didapatkan oleh korban PHK, hal ini jelas sudah tertuang dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan," urai H.Sulaeman kepada awak Media, Senin(12/12).

Hal serupa disampaikan Panglima Koordinasi Daerah(Pangkorda) Garda Metal kota/Kabupaten Bekasi Supriyatno bahwa perusahaan harusnya bisa menjelaskan alesan Efisiensi.

"Kenapa yang di PHK cuman pengurus PUK?,  tindakan ini pun tidak mendasar. Apa alasananya mereka dengan dalih efisiesni hingga melakukan PHK terhadap pengurus PUK," ujar pria selaku Pangkorda Garda Metal kota/kabupaten Bekasi itu.

Bahkan Supriyatno menilai pihak perusahaan belum punya itikad baik untuk membereskan permasalahan yang terjadi diinternalnya.

"Info perusahaan mau pake Lowyer untuk menuntaskan masalah ini, FSPMI Bekasi tidak takut kita jabanin. Saya malah curiga jangan-jangan surat aksi hari ini yang dilayangakan sebelumnya tidak tersampaikan kepada pimpinan perusahaan. Buktinya pihak perusahaan tidak mau memutuskan hari ini, bagaimana ke-5 pengurus yang diPHK. Aksi kita lanjutkan selama belum ada kejelasan dari pihak perusahaan," ucap Supriyatno tegas.

Sempat ada ketegangan ketika pihak perusahaan akan memberikan waktu mediasi dihari berikutnya. Hal itu justru dibantah oleh pihak Pimpinan Cabang(PC) FSPMI karena belum ada pihak yang bisa menjamin untuk pertemuan besok hari. Dengan segala upaya akhirnya Joko dari pihak perusahaan siap jadi jaminannya ketika mediasi yang sudah ditentukan tidak seperti yang diharapkan. (Jho)

Berita Lainnya

Baca Juga