Header Ads Widget

Bea Cukai Sulbagsel Optimis Kumpulkan Penerimaan Negara Rp1 triliun di tahun 2023

Bea Cukai Sulbagsel Optimis Kumpulkan Penerimaan Negara Rp1 triliun di tahun 2023

SeputarDaerah.com - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (KWDJBC) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) optimis lampaui target pendapatan negara sebanyak Rp1 triliun di tahun 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulbagsel, Nugroho Wahyu Widodo saat menggelar media gathering di Kanwil DJBC Sulbagsel, Jl Satando, Ujung Tanah, Makassar, Rabu (25/1/2023).

"Target kita di tahun 2023 masih sekitar Rp400 miliar tetapi kami yakin tahun ini akan mendapatkan lebih dari Rp1 triliun sebagai usaha kami untuk mendapatkan penerimaan negara yang bisa mencukupi semua kebutuhan negara kita," ujarnya.

Pendapatan itu, kata Nugroho, pertama dari sektor pertambangan karena sektor pertambangan masih cukup banyak peluangnya untuk menghasilkan pendapatan negara.

Apalagi tahun lalu masih banyak pertambangan yang belum membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam jumlah ratusan miliar.

"Sehingga kami harus pastikan mereka harus membayar ke negara jadi memang nanti kami tidak hanya penerimaan bea cukai tapi dari perpajakan maupun PNBP karena itu semua akan menjadi penerima pendapatan negara," tuturnya.

Sepanjang 2022, realisasi pendapatan kepabeanan dan cukai tercatat sebesar Rp423,68 miliar atau 125,67 persen.

Dari angka itu, cukai menyumbang Rp82,59 miliar atau 177,47 persen. Jauh melampaui target yang tertuang dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2022.

Dalam paparannya, Nugroho Wahyu Widodo juga menjelaskan, peningkatan kinerja ekspor memberi efek kepada kinerja neraca yang didominasi surplus. Per Desember 2022, ekspor tercatat USD 730,90 juta. Ekspor terbesar adalah nikel, batubara, kelapa sawit, tembaga, mineral, dan turunannya.

Secara kumulatif, Januari - Desember 2022, total ekspor tercatat USD 8,47 miliar atau tumbuh 44,85 persen. Sementara impor sebesar USD 3,60 miliar. 

Kabid Humas Kanwil DJBC Sulbagsel, Nazwar menambahkan, sepanjang 2022 DJBC Sulbagsel juga mampu menjadi yang terbaik dalam sektor pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).


Berita Lainnya

Baca Juga