Header Ads Widget

Komite Politik Nasional Melakukan Konferensi: Menangkan Partai Buruh, Menangkan Kesadaran Kelas

 

Komite Politik Nasional Melakukan Konferensi: Menangkan Partai Buruh, Menangkan Kesadaran Kelas

Bogor, Jum’at 20/1/23. Komite Politik Nasional (Kompolnas) melakukan Konferensi secara Nasional yang dihadiri perwakilan 17 Provinsi dari 21 Kab/Kota persebaran wilayah Kompolnas. Kali ini, Kompolnas mengangkat tema yang disesuaikan dengan semangat perjuangan Partai Buruh yakni “Menangkan Partai Buruh, Menangkan Kesadaran Rakyat”.

Komite Politik Nasional merupakan front atau wadah kerjasama politik yang didalamnya terdiri dari berbagai organisasi gerakan buruh, perempuan, organisasi mahasiswa, pemuda dan pelajar yang sama-sama bersepakat untuk masuk dan mendukung kelolosan serta pemenangan Partai Buruh di Pemilu 2024.

Agenda konferensi kompolnas dihadiri kurang lebih sekitar 150-an peserta perwakilan masing-masing wilayah. Adapun rangkaian acara tersebut ialah pembacaan/pendiskusian situasi Nasional, Profil Kompolnas, Strategi Perjuangan Politik, dan yang terakhir ialah pembangunan dan perluasan organisasi serta sampai pada penunjukan struktur kompolnas.

"Agenda Konferensi Kompolnas merupakan konsolidasi Nasional pertama selama berdiri atau dibentuknya kompolnas ini, maka dari itu harapannya agar ajang ini dapat kita jadikan sebagai ajang perluasan, konsolidasi dan penyamaan pandangan (gagasan) kita di kompolnas yang sama-sama kita ketahui merupakan bagian dari Partai Buruh”, ujar salah satu pembicara.

“Agenda tersebut dilakukan atas dasar kebutuhan bersama secara obyektif dan sudah diputuskan secara demokratis melalui mekanisme rapat Kompolnas yang juga tentunya dengan melihat situasi dan kondisi ril yang terjadi dilapangan akan adanya kebutuhan penyelenggaraan konferensi ini bahkan ke depannya bisa lebih maju lagi”, tambahnya.

Dalam beberapa pembahasan konferensi kompolnas Partai Buruh, kemudian muncul tawaran dan sekaligus sebagai rekomendasi bahwa tidak menutup kemungkinan kita (kompolnas) untuk 2 Tahun ke depan itu dapat menyelenggarakan Kongres”, ujar Oncom dalam sesi pembahasan pembangunan dan perluasan organisasi.

Ilham Syah atau Boing (sapaan akrab) yang juga merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Buruh menyampaikan pandangannya dalam sesi konferensi bahwa “Kita di Kompolnas sebagai bagian dari Partai Buruh memiliki tugas yang harus kita kerjakan dan kawal bersama. 

Salah satunya yaitu dengan terus memasifkan, meluaskan keberadaan kompolnas serta terus membangun dan mengembangkan kesadaran rakyat secara umum akan pentingnya berpolitik, dan tak lupa kita di kompolnas juga pastinya sudah mulai memasifkan kerja-kerja dalam pemenangan Partai di pemilu 2024 nanti”.

Lebih lanjut, Ilhamsyah  menekankan tugas semua anggota Komite Politik Nasional sebagai salah satu mesin Partai Buruh. “Semua Anggota mempunyai kewajiban memenangkan Partai Buruh termasuk memenangkan Calon Anggota Legislatif. Modal kita adalah semangat dan militansi sehingga kerja keras sangat dibutuhkan. Kita sudah membuktikan dengan meloloskan Partai Buruh sebagai salah satu peserta Pemilu 2024.

‘’Tugas berikutnya adalah memenangkan Partai minimal mendapat perolehan suara 6 %”, tegasnya.

Di penghujung agenda Konferensi kompolnas, dilakukan pemilihan pimpinan organisasi. Dan secara aklamasi, peserta Konferensi memilih  Aldi sebagai Sekretaris Jendral (Sekjend) Kompolnas periode 2023 – 2025. 

Dalam pidato politiknya Aldi menyampaikan bahwa “setelah kita melewati berbagai macam proses/tahapan dalam membangun komite politik nasional sampai detik ini, untuk itu harapannya terkait kerja-kerja kita kedepan bisa selaras, berkembang dan lebih maju lagi, baik kerja-kerja di kompolnas maupun di Partai Buruh nya itu sendiri”.

Reporter: Mrl/Habil.

Berita Lainnya

Baca Juga