Header Ads Widget

Dorong Pola Hidup Sehat Masyarakat Dengan Festival Kesehatan: Bergerak Sehat Bersama CommStride

Dorong Pola Hidup Sehat Masyarakat Dengan Festival Kesehatan: Bergerak Sehat Bersama CommStride
SeputarDaerah.com - Jakarta: Peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat menjadi prioritas bagi seluruh masyarakat. Kurangnya berolahraga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Hasil Laporan Nasional Sport Development Index (SDI) tahun 2021, menunjukkan tingkat kebugaran orang Indonesia tergolong rendah. Sebanyak 76% dari masyarakat masuk kategori tidak bugar, sementara hanya 5,86% masyarakat yang dikategorikan memiliki kondisi yang bugar.Untuk itu, CommStride 2023 mengadakan festival kesehatan bertemakan "Bergerak Sehat Bersama CommStride" di Botanical Garden, Jababeka, Cikarang. pada Minggu, 14 Mei 2023. Acara ini merupakan tindak lanjut dari kampanye Communication Stride 2023: Generasi Energik, Sehat Pikiran dan Raga, dan Siap Kerja! 
Festival kesehatan ini diisi dengan rangkaian kegiatan seperti CPR Training, Cek Tensi, Cek Kolesterol, Cek Gula Darah, Skipping Rope Challenge dan Live Music Performance, dengan harapan dapat membantu masyarakat mengevaluasi kondisi kesehatan dan mendiagnosis potensi masalah kesehatan yang mungkin muncul. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang upaya peningkatan kualitas hidup sehat.

Selain itu, festival kesehatan ini juga merupakan bagian dari tugas akhir semester untuk mata kuliah Cyber Public Relations dan Event Campaign Management yang mengangkat isu-isu global terkini berkaitan dengan Tujuan Pembangungan Berkelanjutan atau sering disebut dengan Sustainable Development Goals (SDGs).
Mohammad Shihab, S.I.Kom., M.I.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah Cyber Public Relations dan juga sebagai pengarah panitia pelaksana Festival Kesehatan mengatakan kampanye kesehatan bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terutama masyarakat di Cikarang Kabupaten Bekasi untuk selalu hidup sehat, dan aktif bergerak karena banyak isu-isu tentang kesehatan seperti malas bergerak yang dapat menimbulkan banyak penyakit.

"Jadi kita berharap dengan adanya kegiatan ini menyadarkan kembali kepada masyarakat untuk aktif bergerak untuk hidup sehat. Makanya kami menghadirkan berbagai macam aktivitas hari ini termasuk cek kesehatan. Kemudian kita ada juga sosialisasi CPR training, karena kami melihat bahwa banyak sekali masyarakat yang masih belum sadar dengan pentingnya CPR, karena banyak sekali korban kecelakaan di jalan, korban bencana yang kemudian untuk pertolongan pertama tapi tidak tahu sehingga kami menghadirkan PMI untuk mensosialisasikan kepada umum bagaimana teknik CPR supaya bisa membantu mungkin kerabat-kerabat atau masyarakat umum yang mungkin mengalami kecelakaan dan butuh pertolongan pertama," papar Mohammad Shihab.

Festival kesehatan CommStride 2023 sukses dihadiri oleh lebih dari 1000 pengunjung. Salah seorang pengunjung menyampaikan harapannya agar acara seperti ini dapat terus konsisten dilakukan. 

“Saya sebagai pengunjung sangat mengapresiasi positif dan alangkah baiknya jika dilakukan secara konsisten” ujar, Gunawan Bayu.

Sementara itu, dosen pengampu mata kuliah Event Campaign Management, Abhirama S.D. Perdana, S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt juga mengemukakan kegiatan festival kesehatan adalah sebagai bentuk penerapan kurikulum Kampus Merdeka yang diterapkan oleh Universitas Presiden.

"Di mana setiap tahun setiap angkatan berpraktek mengaplikasikan kurikulum Merdeka Belajar sehingga mereka tidak hanya belajar teori tetapi juga terjun langsung ke masyarakat. Karena Universitas Presiden ada di Jababeka Cikarang maka kami terjun langsung ke masyarakat yang ada di Cikarang Jababeka dan sekitarnya," ujar Abhirama."

Reporter: Red

Berita Lainnya

Baca Juga